Musyawarah Pemuda Adat Turungan_Terasa

Pemuda Adat Turungan_Terasa adalah salah satu Komunitas yang beralamat di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, Sul-sel. Komunitas di bawah naungan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN). Sayap dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Pemuda Adat Turungan dibentuk setelah pelatihan Community Organizer (CO) oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) pada 19 – 21 September 2014.

Terbentuknya komunitas ini atas insiatif Pemuda, dengan melihat kondisi kampung yang semakin terabaikan oleh Pemerintah, dirampasnya lahan Masyarakat Adat oleh kebijakan Negara dengan klaim sepihak sebagai kawasan hutan produksi terbatas (HPT). Sementara Masyarakat Adat yang rutinitasnya adalah bertani dan berkebun, mengandalkan hidupnya pada lahan yang telah diklaim sehingga tak jarang ada yang berakhir dipenjara.

Pemuda yang semakin terpengaruh kehidupan modern sehingga hampir kehilangan identitas sebagai masyarakat Adat yang memiliki kekayaan (Kearifan Lokal) padahal cukup berpotensi memperjuangkan wilayah Adat, menjaga serta mengembangkan kearifan lokal yang dimiliki wilayahnya. Dengan melihat polemik ini atas kesepakatan bersama Pemuda setempat, dibantu dukungan Masyarakat dan Petua Kampung, maka dibentuklah Pemuda Adat Turungan_Terasa pada 23 Oktober 2014.

Komunitas ini mencakup dua desa sebagaimana kesepakatan masyarakat dari dua desa ( Turungan Baji dan Terasa) saat pertemuan di Turungan Baji pada 12 Oktober 2014 lalu. namun sejauh ini belum ada kepengurusan serta Struktur yang jelas, maka Pemuda lewat semangat perjuangannya melakukan pertemuan atau musyawarah Kampung (Komunitas) di Villa Ma’ra, Desa Batu Belerang, Kecematan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sul-sel. pada hari Sabtu-minggu 23-24 Juli 2016. Nuansa Alami kampung ma’ra dengan kesejukan udaranya semakin menyadarkan Pemuda sebagai agen Perubahan untuk tetap menjaga dan melestarikan Hutannya lewat keahlian Tradisional Masyarakat Adat, karena itulah pemuda Adat Turungan_Terasa memilih tempat yang masih alami seperti ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang diikuti oleh kurang lebih 20 Orang peserta dari dua desa yaitu Terasa dan Turungan Baji serta beberapa pengurus daerah AMAN Sinjai. Dengan agenda pembentukan srtuktur dan pemilihan kordinator muda.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat persatuan pemuda serta menjalankan program kerjanya dengan baik untuk terus menggali, mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokalnya agar tercipta Masyarakat Adat yang Mampu Mandiri secara Ekonomi, Berdaulat secara Politik dan Bermartabat secara Budaya.

 

Penulis : Burhan (Pemuda Adat Turungan)
Edit       : andis syarifuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top