WAKIL BUPATI SINJAI DAN KETUA DPRD SINJAI HADIRI PEMBUKAAN KMAN V

Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar dan juga Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar menghadiri Pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN V) yang dilaksanakan di Kampung Tanjung Gusta, Tanah Adat Rakyat Penunggu, Medan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. (17/3/2017)

Menurut Wahyullah selaku Ketua Pengurus Daerah AMAN Sinjai mengatakan bahwa kongres ini menjadi momen penting dan besar harapan atas kedatangan Wakil Bupati Sinjai dan Ketua DPRD Sinjai semakin memantapkan komitmen terkait pentingnya Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat di Kabupaten Sinjai. Sebab hal tersebut merupakan hak Konstitusional Masyarakat Adat yang oleh Negara Telah lama abai mengakui dan memberikan Perlindungan, maka pengakuan dalam bentuk Produk Hukum daerah merupakan hal yang sangat penting dan mendesak ditunaikan. (17/3/2017)

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan juga turut hadir Teten Masduki (Kepala Kantor Staff Kepresidenan Republik Indonesia). Teten yang juga mantan aktivis hadir sebagai perwakilan Presiden mengisi dialog langsung dengan Masyarakat Adat Seluruh Nusantara yang hadir dalam Kongres. Dalam kesempatan tersebut, Teten mengatakan akan menyampaikan langsung semua usulan- usulan Masyarakat Adat, beliau juga menyampaikan bahwa Pengurus AMAN dan perwakilan masyarakat adat lainnya akan diundang Presiden Joko Widodo untuk berdialog mengenai langkah-langkah Konkrit yang akan dilakukan kedepan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan MOU AMAN, Komnas HAM dan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang disaksikan langsung oleh Menteri LHK dan Kepala Kantor Staff Kepresidenan RI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top